Latar belakang dikembangkannya modul ini
adalah belum tersedianya Modul Pengetahuan Produk untuk siswa kelas XI program
keahlian tata niaga di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan Modul Pengetahuan Produk berbasis Kurikulum 2013 untuk siswa
kelas XI program keahlian tata niaga di SMK PGRI 2 Malang yang layak dan valid.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall melalui 9 tahap,
yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3)
Pengembangan format produk awal, (4) Validasi produk, (5) Revisi hasil validasi
produk, (6) Uji coba lapangan terbatas, (7) Revisi hasil uji coba lapangan
terbatas, (8) Uji coba lapangan, (9) Revisi hasil uji coba lapangan. Data
dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diisi oleh 2 orang ahli modul, 2
orang ahli materi, 8 siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 2 Malang sebagai uji
coba pengguan terbatas, dan 20 siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 2 Malang
sebagai uji coba lapangan. Setelah data dianalisis berdasarkan hasil validasi
dari ahli modul, ahli materi, uji coba pengguna terbatas, dan uji coba
lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa modul pengetahuan produk yang
dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan sebagai sumber
belajar bagi siswa dari ahli modul dengan tingkat validasi sebesar 72,97%, ahli materi dengan tingkat validasi
sebesar 81,07%, uji coba pengguna terbatas dengan tingkat validasi sebesar 86%,
dan uji coba pengguna lapangan dengan tingkat validasi sebesar 89,45%.
No comments:
Post a Comment